Wed. Oct 27th, 2021
Acara Syukuran Sebelum Pernikahan

Syukuran sebelum pernikahan adalah yang sering dilakukan menjelang beberapa hari menuju akad nikah. Syukuran ini lebih tepatnya dilakukan bagi pengantin yang merupakan pasangan muslim. Acara ini sudah menjadi tradisi sehingga rasanya tidak pas jika tidak menggelarnya sebelum pernikahan.

Mengenal Adat Syukuran Sebelum Pernikahan

Acara syukuran sebetulnya masih merupakan rangkaian dari resepsi pernikahan. Hanya saja acara ini digelar lebih dulu sebelum prosesi ijab kabul dan resepsi digelar. Adapun tujuan dari acara ini yaitu untuk berdoa bersama dan berharap kepada Allah S.W.T supaya ya acara pernikahan dapat berlangsung dengan baik dan kedua mempelai bisa mendapatkan keberkahan selama hidup berumah tangga.

Pada umumnya acara syukuran digelar oleh pihak calon pengantin wanita. Adapun, sesi acara paling utama dalam syukuran yaitu pengajian dan membaca doa bersama. Selain itu, terdapat juga prosesi siraman terhadap calon pengantin wanita dengan maksud untuk mensucikan diri sebelum menikah.

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan dalam Acara Syukuran?

Acara ini memang tidak wajib tetapi sebaiknya dilaksanakan dengan harapan saat acara pernikahan nanti bisa berlangsung dengan lancar. Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam acara syukuran:

1. Pakaian Acara Syukuran

Salah satu hal yang perlu dipersiapkan dalam acara syukuran yang digelar sebelum pernikahan yaitu pakaian pengajian. Pakaian yang digunakan oleh calon pengantin dalam acara syukuran harus menggunakan pakaian muslim.

Pada umumnya keluarga dari pihak calon pengantin mengenakan pakaian muslim seragam atau pakaian muslim dengan warna yang senada. Oleh karena itu sebaiknya pakaian untuk syukuran dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum acara digelar.

2. Makanan dalam Syukuran

Selain pakaian hal ini perlu diperhatikan dalam menyelenggarakan syukuran sebelum pernikahan yaitu makanan. Nah, makanan ini nantinya akan diberikan untuk para undangan dan tamu yang menghadiri syukuran.

Ada dua jenis makanan yang wajib dihindari dalam acara yaitu makanan ringan atau snack dan makanan berat. Bagi yang tidak ingin repot memasak dan menyediakan makanan bisa memesan makanan dari catering. Untuk makanan beratnya bisa dengan memilih nasi kotak atau menghidangkannya dengan prasmanan.

3. Souvenir

Sama halnya seperti acara pernikahan acara syukuran juga sebaiknya menyediakan souvenir untuk para undangan. Sebetulnya pemberian souvenir ini tidak wajib, tetapi hal ini bisa memberikan kesan baik kepada setiap undangan yang sudah datang ke acara syukuran. Souvenir juga bisa menjadi simbolis dan ucapan terima kasih karena tamu undangan sudah bersedia datang dan meluangkan waktunya.

4. Buku Pengajian

Hal yang tidak boleh terlewat dari acara syukuran yaitu buku pengajian. Buku ini tentunya berisikan doa-doa yang yang akan dibacakan dalam sesi pengajian. Seperti diketahui, bagian acara yang paling utama dan paling penting adalah pengajian.

Oleh karena itu, sebaiknya sediakanlah buku pengajian supaya undangan yang hadir bisa membaca doa bersama. Selain itu, buku pengajian juga berfungsi sebagai panduan doa-doa yang akan dibacakan dalam sesi acara pengajian.

5. Siraman

Dalam adat Jawa dan Sunda, calon pengantin wanita akan melakukan siraman. Nah, proses siraman ini biasanya berlangsung di hari yang sama dengan acara syukuran. Maka, sesi siraman juga harus dipersiapkan dengan baik. Antara lain yaitu, pakaian adat yang akan dikenakan calon pengantin wanita untuk siraman serta bunga-bunga yang akan ditaburi di air siraman.

Itulah 5 hal yang perlu dipersiapkan dalam menggelar syukuran sebelum pernikahan. Kelima hal tersebut bisa menjadi referensi bagi yang ingin menggelar syukuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *