Wed. Oct 27th, 2021
Arti Wedding Organizer

Dalam sebuah pernikahan butuh persiapan yang banyak. Belum lagi saat hari H pernikahan, ada banyak yang harus diurus pula. Nah, untuk itu biasanya calon pengantin memanfaatkan jasa wedding organizer. Lantas, apa arti wedding organizer?

Wedding organizer sendiri merupakan suatu jasa yang memberikan layanan untuk membantu calon pengantin dalam mengurus semua keperluan pernikahannya. Biasanya, calon pengantin memiliki konsep khusus ataupun pernikahan impian. Disinilah wedding organizer berperan dalam prosesnya.

Pengertian Wedding Organizer

Sederhananya, wedding organizer memiliki peranan untuk menjalankan pernikahan sesuai dengan kehendak dari calon pengantin. Banyak hal yang diurusi oleh wedding organizer atau biasa disebut WO ini, mulai dari mencari gedung, makanan serta mempersiapkan acaranya.

Wedding organizer punya peran dalam mengurus persiapan, hari H pernikahan serta setelah acara berlangsung. Wajar, jika tim WO pun banyak dan terdiri dari berbagai jenis orang. Apalagi dengan banyaknya urusan yang harus ditangani oleh WO.

Tugas-tugas WO pun tak hanya mengurus calon pengantin. Tetapi juga sanak keluarga ataupun teman-teman dari calon pengantin serta tamu undangan juga. WO pun harus memastikan rangkaian acaranya sesuai kehendak kliennya.

Tugas Wedding Organizer

Tugas WO dapat dirangkum menjadi beberapa bagian. Biasanya, mencakup secara keseluruhan acara. Namun, penentuannya pun tergantung adri deal yang dicapai dengan calon pengantin. Lalu, bagaimana tugas dari sebuah wedding organizer? Berikut ulasannya?

1. Konsep Pernikahan

Hal pertama yang menjadi tugas sebuah WO adalah mempersiapkan konsep pernikahan yang dikehendaki oleh calon pengantin. Konsep yang dimaksudkan ini termasuk dalam pemilihan tema serta konsep keseluruhan dari acara pernikahan yang diinginkan.

Konsep pernikahan sendiri bermacam-macam, mulai dari modern maupun tradisional. Biasanya, keseluruhan tampilan dari pernikahan seperti dekorasinya juga menyesuaikan dengan konsep yang diinginkan.

2. Susunan Acara Pernikahan

Selain menyiapkan konsep pernikahan, WO juga bertugas untuk membuat susunan acara pernikahan. Susunan acara pernikahan pun berbeda-beda, tergantung dari konsep yang diinginkan. Misalnya, pada pernikahan bertema tradisional.

Ada serangkaian acara yang dipenuhi. Untuk tradisional Jawa sebagai contohnya, ada prosesi siraman dan sebagainya. Sebuah Wo akan menyiapkan semua itu, agar pernikahan yang diingikan sesuai kehendak calon pengantin.

3. Rincian Anggaran Pernikahan

Setelah mengetahui arti wedding organizer, tugas lain yang dijalankan oleh WO adalah membuat rincian anggaran pernikahan. Anggaran pernikahan pun biasanya disesuaikan dengan konsep dan tema yang diambil oleh calon pengantin.

Untuk konsep dan prosesi yang banyak, maka anggaran yang dibutuhkan pun akan semakin banyak pula. Nah, disinilah tugas WO berperan. WO akan merinci, apa saja kebutuhan dari gelaran sebuah pernikahan dan berapa anggaran yang diperlukan.

4. Acara Hari H Pernikahan

Tidak hanya persiapan pernikahan yang biasanya ditangani oleh sebuah WO. Namun, acara saat hari H juga harus diatur oleh wedding organizer. Ketika hari pernikahan berlangsung, peranan dan tanggung jawab dari suatu WO cukup besar.

Sukses atau tidaknya acara pernikahan pasangan pengantin tergantung dari WO-nya. Untuk itu, sebuah WO harus punya kemampuan mengorganisir yang baik. WO juga harus mengkomunikasikan serta mengatur anggota keluarga pengantin, tamu undangan serta teman-teman pengantin agar acaranya bisa berjalan lancar.

5. Setelah Hari H Pernikahan

Wedding organizer juga memiliki peranan untuk mengatur hal-hal apa saja setelah acara berlangsung. Sebagai contohnya, terkait pengiriman hantaran, mahar ataupun kado untuk pengantin.

Jadi, Wo punya tugas yang banyak untuk terselenggaranya sebuah acara pernikahan. Peran WO menjadi krusial jika pengantin yang menikah merupakan orang penting atau berpengaruh. Wedding organizer harus menjamin acara yang berlangsung sesuai dengan kehendak calon pengantin.

Nah, penjelasan di atas telah mengulas mengenai arti wedding organizer beserta tugas-tugasnya. Meski terlihat mudah dan sepele, namun tanggung jawab yang dibebankan bagi seseorang yang bekerja di WO pun cukup besar. Mengingat, banyaknya tugas yang harus dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *