Wed. Oct 27th, 2021
Biaya Nikah Sederhana 10 Juta

Menggelar pesta pernikahan tentu membutuhkan biaya yang tidak murah. Namun, perlu diketahui bahwa biaya ini bersifat fleksibel tergantung bagaimana pengaturannya. Lalu apakah mungkin untuk menikah dengan biaya nikah sederhana 10 juta saja? Tentu bisa! Berikut adalah 5 tips yang bisa dilakukan untuk mengelola dana pernikahan hanya 10 juta:

1. Gelar Acara di Rumah

Salah satu aspek yang biasanya membutuhkan porsi dana paling besar dalam pernikahan adalah sewa tempat atau gedung. Jika dananya terbatas, bahkan hanya 10 juta maka sangat disarankan untuk menggelar acara pernikahan di rumah saja. Tentunya dengan mengadakan acara di rumah, calon pengantin bisa menghemat banyak biaya karena tak harus membayar sewa tempat.

Lalu bagaimana jika lokasi rumah tidak memungkinkan? Apabila memang harus mencari tempat lain sebagai lokasi pernikahan maka pilihlah yang bujet sewanya ekonomis. Tak perlu menggunakan tempat dengan ukuran luas, cari saja yang sederhana selama bisa digunakan untuk melangsungkan acara pernikahan.

2. Gunakan Dekorasi Sederhana

Biaya besar juga biasanya dibutuhkan untuk dekorasi venue. Saat ketersediaan dana terbatas, akan jauh lebih baik untuk memilih konsep dekorasi sederhana. Saat ini tersedia banyak pilihan atau alternatif untuk meminimalkan biaya dekorasi tapi tetap terlihat cantik dan istimewa di hari pernikahan.

Fungsi utama dari dekorasi adalah mempercantik venue yang digunakan untuk menikah. Jadi sebenarnya tak perlu mewah dan berlebihan. Gunakan konsep dekorasi minimalis dan manfaatkan aspek dekorasi yang tidak butuh biaya mahal. Misalnya, dekorasi dengan bunga segar bisa mengeluarkan biaya banyak maka ganti saja dengan bunga palsu atau pilih komponen lain.

3. Batasi Tamu Undangan

Salah satu tips efektif saat mengelola biaya nikah sederhana 10 juta adalah membatasi tamu undangan. Semakin banyak jumlah orang yang diundang maka biayanya juga pasti akan semakin besar. Oleh sebab itu, batasi jumlah tamu dan pilih saja orang-orang yang memang penting untuk diundang.

Saat ini memang semakin banyak pasangan pengantin memilih menikah dengan suasana intim. Artinya, pernikahan tidak digelar bermewah-mewahan dengan ribuan tamu. Cara ini bisa jadi pilihan jika pengantin punya dana terbatas. Selain lebih hemat biaya, menggelar pernikahan dengan suasana intim juga akan memberi kesan yang lebih dalam. Tamu undangan dipilih hanya yang benar-benar penting.

4. Pilih Vendor yang Tepat

Pemilihan vendor juga harus dilakukan secara cermat jika dana pernikahan terbatas. Saat ini ada banyak pilihan vendor pernikahan yang sebenarnya menawarkan biaya ekonomis. Namun, jangan hanya melihat aspek biayanya saja. Penting juga untuk memastikan kualitas vendor dan track record-nya. Mulai dari perias, dekorasi, katering, dan vendor lain harus benar-benar masuk ke hitungan budget.

5. Adakan Satu Acara Saja

Jangan mengadakan lebih dari satu acara jika ketersediaan dana hanya 10 juta. Lagipula sebenarnya pernikahan sudah cukup digelar dalam satu acara. Tak perlu menambah acara lain yang sebenarnya tidak penting dan hanya menghabiskan dana. Manfaatkan saja dana yang ada untuk menggelar acara pernikahan yang benar-benar berkesan. Selain hemat dana, keluarga pengantin juga bisa lebih hemat energi.

Itulah 5 tips mengelola biaya nikah sederhana 10 juta. Biaya ini memang sangat minim untuk menggelar acara pernikahan tapi bukan berarti tidak mungkin. Jika direncanakan dengan baik, dana kecil ini juga sudah cukup untuk mengadakan pernikahan sederhana. Poin pentingnya adalah kedua mempelai bisa sah sebagai suami istri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *