Wed. Oct 27th, 2021
Biaya Notaris Perjanjian Pra Nikah

Menikah merupakan impian terindah setiap orang di penjuru negeri. Sebab dengan menikah dapat menjaga diri dari perbuatan zina yang akan sanga hina. Sebelum nikah juga harus ada perjanjian yang dibuat masing-masing calon mempelai sebelum menjalankan akad nikah. Terkait dengan biaya notaris perjanjian pra nikah juga berbeda-beda tergantung kebijakannya.

Biaya Notaris Mengadakan Perjanjian Pra Nikah

Membuat perjanjian sebelum menikah tidak hanya dibuat dengan pernyataan dari masing-masing calon mempelai melalui coretan tangan saja. Melainkan perjanjian pra nikah harus dibuat berdasarkan tanda tangan dari notaris. Selain itu, surat perjanjian sebelum menikah itu harus juga ditandatangani oleh KUA atau Kantor Capil

Terkait dengan besarnya biaya notaris perjanjian pra nikah itu di setiap daerah juga berbeda-beda. Hal ini berdasarkan bagaimana detailnya menuliskan perjanjian yang telah dibuat oleh calon pengantin. Oleh karena itu, pemilihan notaris juga amat penting dipertimbangkan agar dapat mencakup budget yang telah disiapkan untuk proses pernikahan.

Apabila di dalam perjanjian pra nikah itu ditulis tersebut semakin detail, maka biaya notarisnya juga tinggi. Penawaran biaya notaris perjanjian pra nikah secara standar sesuai draft isi perjanjian biasanya memasang harga sebesar 1 – 5 jutaan. Besaran biaya itu mencakup perjanjian yang telah ditentukan di draft notarisnya.

Alasan Membuat Perjanjian Sebelum Nikah?

Membuat perjanjian sebelum menikah melalui notaris memang sangat penting dilakukan bagi calon pengantin. Ada beberapa hal yang dapat ditentukan sebelum nikah sehingga kedepan akan berjalan dengan baik. Melalui perjanjian yang telah disepakati inilah akan menjadikan hubungan harmonis kedepannya. Berikut ada beberapa alasan mengapa perjanjian pra nikah itu penting:

1. Sebagai Bukti Tentang Hak dan Kewajiban

Sebagian besar orang mungkin beranggapan bahwa menikah hanya tingga melaksanakan akad sesuai dengan hukum yang berlaku. Namun pada kenyataannya banyak para pengantin baru yang menuntut akan haknya setelah menikah. Melalui perjanjian pra nikah inilah setiap masing-masing calon pengantin bisa memahami hak apa saja yang harus dijalankan setelah menikah.

Keberadaan perjanjian pra nikah ini akan memberikan wawasan pengetahuan pada masing-masing calon pengantin apa saja hak dan kewajibannya. Setiap masing-masing calon mempelai pengantin bisa menentukan perjanjian apa yang harus dilakukan. Namun, perjanjian yang dibuat tersebut tidak boleh asal-asalan sehingga harus tetap dalam lingkup hukum negara maupun agama.

2. Mengatur Hak Anak Apabila Terjadi Hal Tidak Diinginkan

Setiap orang yang sudah menikah tentunya menginginkan punya keluarga yang harmonis selamanya. Namun, bisa jadi terkadang ada sebuah permasalahan yang tidak diinginkan tiba-tiba muncul sehingga menimbulkan perdebatan. Tak jarang pula bermula dari perdebatan ini memilih jalan pintas yakni dengan perceraian. Hal ini sangatlah berakibat serius apabila sudah mempunyai keturunan.

Keberadaan perjanjian pra nikah yang telah disahkan oleh notaris ini bisa menentukan hak asuh anak ketika terjadi hal diluar keinginan. Melalui perjanjian ini pula setiap masing-masing calon pengantin bisa lebih dewasa sehingga akan menjaga keharmonisan keluarga. Sebab dampak dari perceraian adalah pada anak yaitu menjadi depresi dan stress.

3. Menjadi Sarana Menyelesaikan Masalah

Menjalani kehidupan berumah tangga tentunya akan timbul lika-liku kesulitan baik itu dari suami maupun istri. Permasalahan tersebut apabila tidak diselesaikan dengan cara baik-baik akan menimbulkan perpecahan sehingga cerai adalah pilihan terakhir. Tentu saja hal semacam ini jangan sampai terjadi bagi pasangan manapun.

Guna menghindari permasalahan di dalam rumah tangga dibutuhkanlah perjanjian pra nikah dengan pengesahan notaris. Setiap calon bisa menuliskan perjanjian tentang apa saja hal yang menghindari terjadinya permasalahan pada rumah tangga. Dengan begitu, masing-masing calon pengantin akan dapat memahami satu sama lainnya sehingga terjalin keharmonisan rumah tangga.

Demikian tadi ulasan terkait dengan biaya notaris perjanjian pra nikah yang harus diketahui oleh calon pengantin. Pastikan untuk membuat perjanjian yang dapat bermanfaat bagi keberlangsungan pernikahan kedepannya. Selain itu juga harus konsisten dari perjanjian telah dituliskan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *