Wed. Oct 27th, 2021
Biaya Pernikahan Adat Batak

Setiap pernikahan di Indonesia harus menggunakan upacara pernikahan adat sesuai dengan adat suku budayanya.  Bahkan, prosesi tersebut menelan biaya yang cukup besar.  Salah satu contohnya biaya pernikahan adat Batak yang menghabiskan biaya cukup besar untuk penyelenggaraan pestanya. Berikut ini rincian biaya pernikahan adat khusus suku Batak:

1. Biaya untuk Sewa Gedung, Dekorasi Pernikahan dan Perlengkapan Pernikahan

Pernikahan dengan mengusung adat Batak harus diselenggarakan dengan meriah karena banyaknya tamu yang diundang dalam pesta tersebut. Maka dari itu, biaya pernikahan adat ini harus dialokasikan untuk menyewa gedung pernikahan serta dekorasi pernikahannya dan juga peralatan pernikahan, seperti mobil pernikahan, sepatu pernikahan.

Kapasitas gedung pernikahan tersebut harus besar. Minimal kapasitasnya untuk jumlah undangan 1.000 orang karena pernikahan dengan adat Batak selalu diselenggarakan secara besar-besaran. Adapun, biaya untuk menyewa gedung sekitar 8 – 10 juta, dekorasi 30 juta, mobil pernikahan 5 juta, sepatu pernikahan 1 juta.

2. Biaya Sinamot

Pengadaan sinamot ini sangat penting dalam sebuah pernikahan dengan mengusung adat Batak. Sinamot berfungsi sama seperti mas kawin saat perjanjian pernikahan. Sinamot bisa disimbolkan dengan cincin kawin yang diberikan kepada mempelai wanita.

Mempelai pria yang memiliki penghasilan mapan, biasanya memberikan sinamot dalam bentuk perhiasan lengkap. Mulai dari anting, kalung, gelang, hingga cincin atau perhiasan emas satu set. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk penghormatan mempelai pria kepada wanita dalam adat Batak.

3. Biaya Ulos

Salah satu penyebab besarnya biaya pernikahan adat Batak karena mempelai harus membeli kain ulos. Kain ini merupakan  sejenis kain tenun dari suku Batak. Harga kain ini termasuk mahal karena detail kain sangat sangat rumit sehingga pembuatannya memakan waktu lama. Dengan demikian, harus diadakan budget khusus untuk membelinya.

Kain ulos merupakan kain yang wajib ada dalam setiap penyelenggaraan adat Batak. Maka dari itu, pesta pernikahan dengan mengusung adat Batak wajib memakai kain ulos tersebut. Kain ini juga sebagai simbol strata sosial. Seorang mempelai lelaki yang memberikan kain ulos dengan harga mahal akan mendapatkan pandangan terhormat dari keluarga mempelai wanita.

4. Biaya Sedum

Selain kain ulos, sedum merupakan kain yang dijadikan sebagai rok oleh pengantin wanita dalam pernikahan adat Batak. Harga kain ini kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Sedum wajib digunakan oleh mempelai wanita sebagai pakaian pernikahan yang lain karena suku Batak memiliki mitos bahwa pengantin yang memakai kain ini akan terhindar dari bahaya.

Mahalnya harga kain ini, pengantin juga harus menyiapkan dana untuk biaya menjahit agar kain tersebut bisa dibuat menjadi rok. Perlengkapan wajib ini menjadi salah satu alasan biaya pernikahan yang mengusung adat Batak termasuk mahal. Biaya untuk membeli perlengkapan pernikahan ini bila ditotal akan mencapai Rp10.000.000:-

5. Biaya Foto Pengantin dan Catering

Setiap pernikahan harus melakukan foto pengantin agar pernikahan tersebut tersimpan rapi dalam album foto kenangan yang setiap saat bisa dibuka kembali untuk mengenangnya. Foto pernikahan ini wajib ada pada semua jenis pesta, termasuk pesta pernikahan dengan mengusung adat Batak.

Undangan pernikahan yang cukup banyak dalam pesta pernikahan adat Batak membuat pesta tersebut harus menyediakan catering dalam jumlah banyak. Biaya untuk mengadakan catering sebesar Rp 25.000.000.  Bahkan, nominal tersebut bisa lebih besar bila jumlah undangannya banyak serta harus dikalkulasikan dalam biaya pernikahan adat Batak.

Suku Batak memiliki pandangan berbeda mengenai pernikahan. Pernikahan bagi suku Batak merupakan sebuah jembatan untuk menyatukan dua keluarga dari kedua mempelai, agar terikat dalam ketentuan adat istiadat Batak. Maka dari itu, biaya pernikahan adat Batak cukup fantastis karena banyaknya prosesi sakral yang harus dilakukan oleh kedua mempelai beserta keluarganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *