Wed. Oct 27th, 2021
Biaya Pernikahan Adat Jawa

Menikah merupakan hal sakral yang ditunggu-tunggu oleh seseorang karena dengan menikah akan memberikan kebahagiaan ketika menjalani kehidupan. Ada hal-hal yang tentu perlu diperhatikan yaitu biaya pernikahan mulai awal sampai akhir. Untuk itu, di bawah akan dijelaskan rincian biaya pernikahan adat jawa yang sederhana namun berkesan:

1. Biaya KUA dan Kesehatan

Hal perlu diperhatikan dalam rincian biaya pernikahan adat jawa adalah biaya menjalani prosesi akad nikah di KUA. Biaya menjalani prosesi di KUA ini biasanya diperkirakan mencapai nominal 600 ribu. Namun sebelum itu harus menyiapkan terlebih dahulu persyaratan yang telah ditentukan oleh KUA sebelum menjalani proses pernikahan.

Selain itu, sangat diwajibkan bagi para pengantin khususnya perempuan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Pemeriksaan kesehatan ini sangat penting dilakukan karena sebagai syarat di KUA. Terkait dengan biaya konsultasi dan pemeriksaan lainnya, diperkirakan mencapai nominal 100 ribu sekali periksa di puskesmas atau rumah sakit.

2. Biaya Sewa Baju dan Rias

Bagi pengantin pria maupun wanita sangat diharuskan untuk menggunakan baju pengantin dan riasan wajah agar terlihat lebih menarik dan menawan. Namun akan lebih menghemat apabila baju pengantinnya hanya menyewa bukan membeli secara pribadi. Selain itu, untuk petugas riasnya bisa mencari kenalan teman yang ahli agar dapat dilakukan negosiasi.

Biasanya untuk biaya penyewaan baju pengantin sekaligus sewa petugas tata rias ini menghabiskan dana sekitar 5 juta. Dana ini sudah mencakup semuanya mulai dari riasan wanita maupun pria beserta baju pengantinnya. Namun, nominal biaya itu juga bisa berubah tergantung dari tingkat keahlian petugas riasan dan baju mewahnya.

3. Biaya Catering

Pada acara prosesi pernikahan tentunya akan lebih berkesan apabila mengundang teman, sahabat, tetangga, mantan dan lainnya. Cara mengundang orang-orang untuk datang dipernikahan juga termasuk adat pernikahan Jawa. Terkait dengan biaya pernikahan adat Jawa yang mengundang 1000 tamu ini bisa mencapai 30 juta.

Biaya 30 juta ini untuk dana melakukan pemesanan makanan catering dengan menu standar yakni nasi, daging ayam dan tambahan lainnya. Namun apabila mengundang tamu di bawah 1000 semisal saja 250, maka biaya catering lebih rendah. Oleh karena itu kalau memang benar-benar ingin menghemat maka harus menentukan siapa saja perlu diundang.

4. Biaya Makan saat Akad

Sebelum menjalankan proses pernikahan tentu saja harus melakukan akad nikah terlebih dahulu di KUA atau tempat lainnya. Pada acara akad nikah ini tentu saja mengundang beberapa orang untuk menjadi saksi di dalam pernikahan. Biasanya untuk biaya makan-makan setelah acara pernikahan ini dapat mencapai 2,5 jutaan saja.

Biaya sekian itu untuk memesan catering dengan menu standar yakni nasi, ayam, dan tambahan lainnya. Namun, biasanya kalau akad dilakukan di rumah pengantin, maka dapat menggunakan model pelaminan yakni tamu undangan mengambil sendiri makanannya. Untuk menunya bisa menyediakan daging sapi atau ayam dan sebagainya.

5. Biaya Membuat Undangan

Sebelum melakukan akad pernikahan tentu saja harus menyiapkan terlebih dahulu undangan pernikahan bagi para teman maupun kerabat lainnya. Biasanya biaya uangangan ini per lembarnya mencapai 4 ribuan. Oleh karena itu jika mengundang tamu sebanyak 1000 orang, maka kurang lebih biaya yang harus disiapkan adalah 4 jutaan.

Namun terkait dengan undangan sendiri bisa menggunakan yang tipe minimalis agar biayanya tidak terlalu mahal. Atau bisa juga melakukan desain undangan sendiri dan mencetaknya menggunakan printer pribadi. Dengan demikian akan menjadikan lebih hemat karena tidak perlu menyewa tempat fotocopy atau editor undangan pernikahan.

Demikian tadi merupakan ulasan terkait rincian biaya pernikahan adat Jawa secara sederhana namun berkesan. Terkait dengan pembiayaan bisa saja berubah tergantung dari masing-masing pengantin ingin terlihat mewah atau hanya sederhana saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *