Wed. Oct 27th, 2021
Biaya Pernikahan Adat Melayu

Di Indonesia, resepsi pernikahan pada umumnya dikeluarkan berdasarkan adat dari suku dan daerah pasangan pengantin. Bagi pasangan pengantin dari suku Melayu, maka harus mengetahui biaya pernikahan adat Melayu. Sebab, rangkaian acara pernikahan harus digelar sesuai adat istiadat Melayu.

Indonesia merupakan negara yang dikenal dengan suku dan adat istiadat yang beragam, salah satunya yaitu suku Melayu. Lalu, berapa biaya pernikahan untuk adat Melayu? Berikut komponen biayanya:

1. Biaya Seserahan

Seserahan adalah rangkaian acara pernikahan yang selalu ada di berbagai adat di Indonesia, tak terkecuali adat Melayu. Seserahan biasanya disiapkan dari pihak keluarga pengantin pria dan diberikan untuk pengantin wanita. Biaya seserahan tentunya bervariasi tergantung dari apa saja barang yang diberikan dari pengantin pria kepada pengantin wanita.

Namun, pada umumnya pengantin pria ingin memberikan barang-barang terbaik kepada pengantin wanita. Paling tidak, biaya yang perlu dipersiapkan minimal sekitar Rp1 juta

2. Biaya Dekorasi

Komponen biaya pernikahan adat Melayu yang juga harus dipersiapkan yaitu biaya dekorasi. Dekorasi ini sangat penting untuk menciptakan suasana adat Melayu yang kental selama resepsi berlangsung.

Biaya dekorasi biasanya sudah termasuk dengan biaya wedding organizer. Pada umumnya, wedding organizer menyediakan banyak pilihan konsep acara pernikahan yang menyesuaikan dengan adat.

Jika konsep yang dipilih adalah konsep pernikahan adat Melayu maka bukan hanya rangkaian acaranya saja yang disesuaikan dengan adat Melayu, tetapi pihak wedding organizer juga akan menyesuaikan dekorasinya. Biaya dekorasi untuk pernikahan adat Melayu juga beragam, yaitu mulai dari Rp2 juta hingga Rp8 juta.

3. Riasan dan Pakaian Adat

Riasan dan pakaian yang digunakan selama acara pernikahan tentunya harus menyesuaikan dengan adat Melayu. Pada umumnya, dress code yang merupakan pakaian adat Melayu digunakan oleh pasangan pengantin dan keluarga.

Karena pernikahan adalah acara yang sakral dan momen paling penting maka sebaiknya pilihlah rekomendasi MUA terbaik dengan hasil riasan berkualitas. Selain itu pilihlah pakaian adat dengan bahan yang nyaman dipakai untuk waktu lama. Nah, untuk biaya riasan dan pakaian adat berkisar antara Rp1 juta hingga Rp4 juta.

4. Biaya Mahar

Komponen biaya pernikahan yang tak kalah pentingnya yaitu biaya mahar. Dalam adat Melayu, mahar merupakan hal paling penting dan dilihat sebagai upaya pengantin pria untuk memuliakan pasangannya. Maka, tak jarang mahar berisikan barang-barang mewah seperti emas, berlian, dan seperangkat alat sholat.

Namun, sebetulnya tidak ada ketentuan dan biaya minimal untuk mahar. Paling tidak, biaya yang perlu dipersiapkan yaitu mulai dari Rp500 ribu untuk seperangkat alat sholat.

5. Undangan dan Souvenir

Supaya pernikahan adat Melayu terkesan lebih kental, maka undangan dan souvenir sebaiknya disesuaikan dengan khas Melayu. Pada umumnya, pemesanan undangan dan souvenir dihitung sebagai 1 paket oleh jasa percetakan.

Desain undangan dan souvenir juga bisa dicustom dan diminta untuk menyesuaikan dengan khas adat Melayu. Souvenir khas Melayu bisa berupa potongan kain songket, miniatur sampan, atau bisa juga gantungan kunci dengan motif batik.

Biaya yang diperlukan untuk mendesain undangan dan souvenir mulai dari Rp1 juta hingga Rp2 juta. Jika tamu yang diundang lebih banyak, mungkin biaya yang dikeluarkan akan lebih besar dari estimasi tersebut.

Itulah 5 komponen biaya pernikahan adat Melayu yang perlu diketahui. Daftar biaya yang telah disebutkan hanyalah estimasi atau perkiraan sehingga masih bisa disesuaikan dengan budget dan konsep pernikahan yang diinginkan.5 Komponen Biaya Pernikahan Adat Melayu dan Estimasinya, Lengkap!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *