Wed. Oct 27th, 2021
Biaya Pernikahan Adat Sunda

Pernikahan adalah satu hal sakral dalam hidup. Alasan inilah yang menjadikan pernikahan selalu membutuhkan pertimbangan dan persiapan yang matang. Apalagi untuk pernikahan yang menggunakan konsep adat istiadat, tentunya segala jenis persiapan akan lebih rumit. Salah satunya adalah pernikahan menggunakan adat Sunda. Mulai dari biaya pernikahan adat Sunda hingga segala persiapannya tentu harus dengan matang dilakukan. 

Melakukan musyawarah antara kedua belah pihak calon pengantin tentu akan menjadi pilihan tepat dalam mempersiapkan pernikahan adat seperti ini. Nah, lalu berapa sih biaya yang harus dipersiapkan untuk pernikahan adat Sunda seperti ini? Simak ulasannya berikut ini:

1. Biaya Nikah di KUA

Pertimbangan biaya yang harus dipersiapkan pertama kali adalah biaya untuk melangsungkan akad nikah. Calon pengantin akan memiliki dua opsi untuk akad nikah ini. Opsi yang pertama yaitu melangsungkan akad di KUA secara gratis tanpa biaya dengan syarat pada hari kerja yaitu memilih hari senin hingga jumat.

Calon pengantin juga bisa memilih opsi yang kedua yaitu melangsungkan akad di luar kantor KUA dengan biaya 600 ribu. Pada opsi yang kedua ini, calon pengantin juga bebas menentukan pada hari apa akad akan dilangsungkan termasuk hari sabtu juga minggu. 

2. Biaya Tes Kesehatan 

Biaya yang perlu dipersiapkan selanjutnya adalah dana untuk melakukan tes kesehatan. 100 ribu adalah minimal nominal yang biasanya akan dibayarkan. /nominal ini bisa berubah tergantung kebijakan yang ditetapkan pemerintah. 

Mempersiapkan dana untuk melakukan tes kesehatan ini merupakan salah satu biaya yang penting untuk dipersiapkan. Hal ini karena tes kesehatan memang menjadi syarat yang harus dipenuhi calon pengantin saat akan menikah. 

3. Biaya Make Up Pengantin 

Make up menjadi poin penting lain yang harus dipertimbangkan dalam biaya pernikahan adat Sunda. Penggunaan make up yang flawless memang tengah menjadi trend dari beberapa tahun terakhir. Trend make up ini bahkan juga telah banyak diaplikasikan pada riasan pengantin adat Sunda.

Tentunya dengan tangan terampil serta keahlian yang sudah mumpuni, calon pengantin akan tampak menawan. Nah, untuk mendapatkan hasil make up yang sesuai keinginan tentunya biaya yang dikeluarkan juga akan menyesuaikan. Calon pengantin bisa mencari informasi yang tepat untuk mendapatkan harga miring dengan hasil yang cukup memuaskan. Paling tidak persiapkan 2 juta untuk biaya ini. 

4. Biaya Sewa Baju 

Pernikahan adat Sunda terkenal dengan kebaya putihnya yang tampak anggun dengan perpaduan jarik yang menawan. Tentunya tidak ketinggalan Siger sebagai perlambangan mahkota pengantin wanita Sunda. 

Biasanya untuk biaya sewa pakaian seperti ini akan tergantung dari masing-masing jasa penyewanya. Namun, calon pengantin bisa mempersiapkan paling tidak sekitar 3 juta. Biaya ini bisa kurang juga bisa lebih, tergantung dari pihak penyewa yang menyediakan jasa. 

5. Biaya Sewa Gedung 

Hal terakhir yang sangat penting dipertimbangkan dalam pernikahan adat Sunda adalah gedung yang akan digunakan. Pastikan bahwa gedung yang akan digunakan telah memiliki kapasitas yang tepat untuk tamu undangan. Gunakan juga WO yang sesuai dengan keinginan. 

Biaya yang diperlukan dalam hal ini biasanya juga akan tergantung dari kebijakan penyewa gedung yang bersangkutan. Silahkan lakukan negosiasi dengan penyewa gedung untuk mendapatkan harga yang pas. Namun, calon pengantin bisa menyiapkan dana sekitar 10 juta untuk berjaga-jaga. 

Nah, itulah tadi biaya pernikahan adat Sunda yang sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh dengan biaya pernikahan modern yang terkesan simpel. Biasanya biaya pernikahan yang menggunakan konsep adat seperti ini akan memakan biaya besar pada penyewaan gedung, make up, pakaian serta catering untuk tamu undangan. Nah, untuk itu melakukan musyawarah antara kedua belah pihak akan sangat penting dilakukan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *