Wed. Oct 27th, 2021
Bimbingan Pra Nikah di KUA

Menikah itu bukanlah sekedar hanya mencari pemuas hasrat saja, melainkan harus dapat memahami bagaimana membangun rumah tangga yang baik. Bagi calon pengantin muda tentunya masih sedikit labil dalam urusan keluarga nantinya. Oleh sebab itu berikut terdapat ulasan bimbingan pra nikah di KUA yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi calon pengantin:

1. Tentang Hak Kewajiban Suami dan Istri

Sebelum melakukan akad pernikahan tentunya ada bimbingan pra nikah di KUA yang meliputi terkait dengan bagaimana hak dan kewajiban suami dan istri. Pemberian bimbingan ini diharapkan dapat memberikan wawasan pengetahuan bagaimana kewajiban seharusnya suami dan istri setelah menikah. Tentu saja penjelasan yang diberikan sesuai dengan norma dan syariah agama.

Pemberian materi semacam ini memang sangat perlu karena kebanyakan pada zaman milenial ini usia masih muda sudah menikah Pada usia muda biasanya masih sangat kurang sekali tentang pengetahuan bagaimana menjalankan kehidupan setelah menikah. Oleh karena itulah materi ini akan membantu calon pengantin untuk dapat membangun rumah tangga yang sempurna.

2. Tentang Memecahkan Masalah

Pada saat menjalani kehidupan berumah tangga tentunya akan ada sebuah permasalahan yang datang baik itu hal sepele sampai berat. Permasalahan ini akan menjadi serius apabila tidak dihadapi dengan kepala dingin atau sabar. Oleh karena itulah ada bimbingan pra nikah di KUA yang memberikan wawasan bagaimana memecahkan masalah di dalam keluarga.

Ketika calon pengantin mengetahui tentang cara memecahkan masalah di dalam rumah tangga, maka akan menghindari konflik yang semakin besar. Tentu saja ini akan memberikan dampak positif karena konflik akan segera diatasi dan rumah tangga menjadi harmonis kembali. Dengan demikian rumah tangga akan semakin romantis dan bahagia.

3. Pemberian Nasehat atau Wejangan

Setiap calon pengantin yang akan melaksanakan akad nikah tentunya akan diberikan oleh wejangan atau nasehat oleh petugas KUA. Pemberian nasehat ini diharapkan dapat membuka hati calon pengantin agar dapat menjalin rumah tangga yang harmonis. Dengan begitu, setelah menjalani pernikahan akan mengingat terkait nasehat baik petugas KUA.

Nasehat baik yang diberikan pengantin ini bisa dijadikan sebuah pegangan agar terhindar dari permasalahan di dalam rumah tangga. Melalui nasehat ini juga akan menjadikan pengantin saling menjaga agar tidak terjadi konflik. Dengan demikian suasana di dalam rumah tangga akan lebih berwarna dan romantis sehingga tercipta keluarga bahagia sepanjang masa.

4. Tentang Berumah Tangga yang Baik

Para petugas di KUA tentunya adalah orang-orang yang telah berpengalaman dalam menjalani kehidupan berumah tangga. Melalui pengalaman inilah dapat dijadikan sebuah wawasan pengetahuan bagi calon pengantin bagaimana berumah tangga yang baik. Tentu saja setiap pengalaman yang berikan akan berkesan bagi calon pengantin kedepannya.

5. Simulasi Menjalankan Akad Nikah

Bimbingan terakhir yang diberikan sebelum memulai akad nikah adalah melakukan simulasi prosesi akad nikah. Simulasi yang dilakukan ini untuk menghindari kesalahan saat acara pernikahan dimulai dan disaksikan orang banyak. Tentu saja sebagai seorang calon pengantin akan merasakan grogi saat akan melaksanakan akad pernikahannya.

Oleh karena itulah dengan adanya simulasi bagaimana prosesi pernikahan diharapkan calon pengantin tidak grogi lagi. Ketika calon pengantin sudah mengetahui terkait dengan langkah-langkah dalam akad pernikahan, maka akan cepat melankannya. Dengan demikian acara pernikahan akan berjalan lancar tanpa terjadi kendali teknis atau semacamnya.

Demikian tadi ulasan terkait beberapa materi bimbingan pra nikah di KUA yang harus diketahui dan diikuti oleh calon pengantin. Namun, sebagai seorang pengantin haruslah siap lahir dan batin karena pernikahan itu sakral dan tidak boleh dibuat main-main.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *