Wed. Oct 27th, 2021
Bisnis Wedding Organizer

Bisnis wedding organizer merupakan bisnis yang memiliki prospek bagus untuk ditekuni hingga beberapa tahun ke depan. Bayangkan saja bisnis ini selalu dicari oleh orang-orang yang sedang mempersiapkan acara pernikahan. Bagi yang tertarik dan ingin menekuni bisnis ini sebaiknya lakukan beberapa tips berikut agar sukses:

1. Pilih Segmen Pasar yang Spesifik

Acara pernikahan selalu ada sehingga bisnis ini tidak akan kehilangan customer dan segmentasi pasarnya sudah jelas. Di setiap pesta pernikahan pasti selalu ada wedding organizer sebagai perencana agenda hingga menyiapkan segala kebutuhan untuk acara. Namun, bukan berarti bisnis ini tidak memerlukan segmen pasar yang spesifik.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa dalam memulai bisnis harus memiliki segmen pasar yang spesifik. Segmen pasar yang spesifik tidak hanya meliputi usia target customer, tetapi juga karakter apa yang diinginkan customer.

Ada customer yang lebih tertarik dengan desain acara pernikahan yang simpel dan elegan. Namun, ada juga yang ingin acara pernikahannya terlihat glamor dengan menampilkan banyak ornamen dan hiburan.

2. Bentuk Tim Solid

Setelah menentukan segmen pasar maka penting juga untuk membangun tim yang solid. Dalam membangun bisnis wedding organizer yang baik memang harus didukung oleh tim yang berpengalaman dan profesional tetapi sebetulnya hal itu saja tidak cukup. Sebuah tim yang solid dan saling mendukung tentunya akan menghasilkan kinerja yang baik.

Meskipun demikian, membentuk tim seperti ini memang tidak mudah karena setiap orang memiliki karakter yang berbeda. Saat membangun tim pastikan untuk memilih orang-orang yang open minded, siap bekerja fleksibel serta bersedia membantu anggota tim yang sedang kesulitan mengerjakan job desknya.

3. Bangun Relasi dan Kerja Sama yang Luas

Memiliki tim yang solid saja tidak cukup. Agar bisnis dapat berkembang pesat maka penting untuk membangun relasi yang luas. Ini akan sangat bermanfaat untuk menjangkau lebih banyak lagi target pasar dan membantu operasional dalam pelaksanaan pesta pernikahan.

Misalnya, membangun relasi dengan sebuah agensi entertainment atau sanggar, bisnis ini bisa menemukan pengisi acara hiburan seperti band, penari, hingga MC berkualitas. Memilih pengisi acara dari hasil kerja sama dengan pihak lain tentunya lebih memudahkan daripada harus merekrutnya ke dalam tim WO, kemudian menggajinya.

4. Rencanakan Paket Acara Pernikahan

Untuk menjangkau customer lebih banyak lagi, maka buatlah paket konsep pernikahan yang menarik dan dengan harga yang terjangkau. Paket acara pernikahan bisa meliputi hidangan makanan serta desain ornamen yang senada.

Misalnya, desain pernikahan adat padang disesuaikan dengan hidangan makanan khas padang lengkap dengan hiburan tradisional adat padang. Paket juga bisa meliputi dokumentasi pernikahan hingga pengisi acara hiburan.

5. Promosikan Jasa Wedding Organizer

Supaya mendapatkan lebih banyak lagi customer, jangan lupa untuk melakukan promosi di berbagai media. Selain membuat brosur dan website bisnis, penting juga untuk promosi melalui media sosial. Apalagi, saat ini hampir semua orang meluangkan banyak waktu untuk membuka media sosial.

Platform media sosial yang bisa diandalkan untuk promosi yaitu Instagram dan Facebook. Buatlah konten promosi yang menarik, kemudian sesuaikan target audience konten dengan kriteria target customer.

Promosikan juga paket layanan yang memudahkan customer dalam merencanakan pesta pernikahan. Jadi, customer hanya perlu memilih satu paket tersebut tanpa harus menambah biaya lainnya.

Itulah 5 tips bisnis wedding organizer yang harus dilakukan jika ingin sukses. Selain kelima tips tersebut, menjalani bisnis juga harus ditekuni dan sabar menghadapi setiap prosesnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *