Wed. Oct 27th, 2021
Cara Menata Meja Prasmanan

Prasmanan merupakan budaya yang biasanya diadakan ketika ada pesta pernikahan dengan variasi hidangan. Dimana sajian makanan akan tersedia di meja-meja panjang untuk para tamu. Lalu bagaimana cara menata meja prasmanan pernikahan? Agar para tamu bisa dengan mudah ketika menikmati makanan yang beraneka ragam tersebut.

1. Pasang dan Hias Taplak Meja Prasmanan

Pada saat akan menata meja untuk prasmanan biasanya dilakukan pemasangan taplak meja terlebih dahulu. Untuk taplak meja tentunya disesuaikan dengan ukuran meja prasmanan yang ada dan bisa dibentuk bagian bawahnya agar rapi. Selain itu pula, biasanya ukuran taplak meja sudah disesuaikan dengan berbagai jenis meja yang ada pada prasmanan.

Meja yang panjang untuk prasmanan ini identik diberi taplak yang warnanya serupa dan disesuaikan dengan tema saat itu. Untuk menghindari makanan yang tumpah atau tercecer maka pemasangan taplak meja bisa ditambah dengan plastik transparan. Fungsi dari plastik ini sebagai alas dan pengaman agar taplak meja tetap bersih dan kondisi meja terlihat rapi serta mudah dibersihkan.

2. Atur Makanan Berkelompok

Untuk selanjutnya cara menata meja prasmanan pernikahan yaitu dengan penataan makanannya. Biasanya makanan akan ditata sesuai dengan jenisnya dan menggunakan meja paling besar terlebih dahulu. Misalnya saja menu makanan pokok akan dihidangkan satu meja sementara itu untuk dessert serta minuman juga disediakan pada meja terpisah.

Kondisi ini dilakukan agar nantinya memudahkan para tamu ketika akan mengantri mengambil hidangan. Biasanya para tamu akan mengantri mengambil makanan pokok terlebih dahulu. Jadi saat ambil dessert atau minuman tidak terlalu banyak antri karena bagiannya sudah terpisah dari menu utama.

3. Sajikan Makanan dengan Menarik

Penyajian makanan juga penting untuk diperhatikan ketika menyajikan hidangan prasmanan. Biasanya penyajian makanan ini sesuai dengan urutan, nasi atau makanan berat, lauk kering terlebih dahulu, kemudian lauk basah. Untuk lauk jenis sayur atau berkuah maka bisa dengan memasang pemanas agar makanan jenis kuah ini tetap dihidangkan dengan panas.

Ketika penyajian makanan ini sesuai maka sangat memudahkan para tamu untuk memilih dan mengambilnya. Apalagi hidangan yang disajikan sudah jelas dan sesuai penempatannya tentunya akan semakin nyaman untuk memilih. Hidangan prasmanan yang terkenal lezat serta sangat menggiurkan ini memang paling dinanti para tamu.

4. Tata Alat Makan Sesuai Kebutuhan

Cara menata meja prasmanan pernikahan yaitu dengan penataan alat makan. Alat makan bisa ditata terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan, biasanya piring, sendok, garpu, tisu dan mangkok akan berada di awal. Jadi ketika para tamu akan mengambil hidangan sudah terlebih dahulu mengambil peralatan makan. Untuk penyajian peralatan makan juga bisa disusun secara rapi serta menarik.

Alat makan ini memang menjadi ikon penting dan harus mudah dijangkau oleh para tamu. Agar nantinya saat mencicipi hidangan prasmanan, para tamu bisa dengan mudah untuk mengambilnya. Dengan begitu, jalannya prosesi prasmanan bisa lancar dan tidak ada tumpukkan antrian saat menikmati hidangan.

5. Beri Hiasan pada Meja Makan

Tidak hanya menata meja, menata makanan saja, tapi bisa juga dengan pemberian hiasan untuk mempercantik meja prasmanan. Hiasan bisa disesuaikan dengan kondisi meja dengan memberikan sentuhan ornamen hias, Misalnya saja bunga-bunga, daun atau ornament lain yang tampak megah serta menawan di atas meja.

Dengan memberikan hiasan yang ada di atas meja, pastinya agar suasana prasmanan semakin semarak. Juga bisa memberikan kesan estetika terbaik yang ada pada ruangan prasmanan tersebut. Jadi semakin megah dan mempesona di sekitar ruangan prasmanan.

Itulah beberapa cara menata meja prasmanan pernikahan yang mudah dilakukan. Dengan adanya penataan yang menarik dan rapi ini pastinya memberikan kesan terbaik pada acara pernikahan yang dilaksanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *