Wed. Oct 27th, 2021
Inspirasi Mahar Pernikahan

Banyak aspek yang penting dipikirkan menjelang waktu pernikahan. Salah satunya yaitu mahar pernikahan yang menjadi aspek penting dan harus diperhitungkan sebaik mungkin. Beragam inspirasi mahar pernikahan bisa ditemui dengan mudah dari internet maupun media sosial. Agar tak bingung, berikut adalah 5 pilihan ide mahar pernikahan kekinian yang akan memberikan banyak kesan:

1. Origami Uang Kertas

Jenis mahar yang sangat umum dan telah banyak digunakan di masyarakat adalah uang tunai. Mahar berupa uang tunai dianggap praktis dan memang disukai oleh para calon pengantin. Jumlah uang tunai yang akan diberikan pun bisa beragam, tergantung kemampuan juga persetujuan dari kedua mempelai.

Agar mahar berupa uang ini terasa lebih berkesan maka bisa diberikan dalam bentuk yang unik. Contohnya adalah dengan memberikan mahar uang yang dikemas dalam bentuk origami. Mahar origami uang tunai ini bisa jadi ide yang menarik karena ada nilai seni di dalamnya. Tentunya nilai pembuatan origami itu sendiri juga akan memberikan kesan pada momen pernikahan sang pengantin.

2. Uang Koin

Pilihan mahar berikutnya adalah uang koin. Uang koin sampai saat ini banyak digunakan untuk keperluan pembuatan mahar. Banyak yang memilih jenis uang ini untuk dijadikan mahar karena memang lebih mudah dikreasikan dan bentuknya juga unik. Selain bisa diatur dalam bingkai, uang koin juga bisa diserahkan sebagai mahar dalam wadah botol yang estetik.

3. Tiket Perjalanan

Tak harus berupa uang, mahar pernikahan juga bisa diberikan dalam bentuk tiket perjalanan. Jenis mahar yang satu ini sangat cocok bagi pasangan yang gemar traveling. Mahar jenis ini juga sudah pasti akan disukai oleh pengantin perempuan. Tentunya jenis mahar ini juga tidak akan terkesan biasa dan malah bisa memberikan kesan yang mendalam.

Tiket yang bisa dijadikan sebagai mahar adalah tiket pesawat. Jika tidak memungkinkan maka bisa juga tiket menginap di hotel untuk perjalanan liburan. Pengantin baru jelas akan menyukai momen berlibur bersama. Tiket perjalanan ini juga bisa dijadikan sebagai fasilitas untuk pergi berbulan madu berdua.

4. Perlengkapan Hobi

Inspirasi mahar pernikahan lainnya adalah beragam jenis benda perlengkapan hobi. Cari tahu apa hobi pasangan dan perlengkapan apa saja yang dibutuhkan. Mahar berupa perlengkapan hobi ini juga tidak biasa dan tergolong unik. Meskipun begitu pasangan akan merasa senang karena bisa menerima benda-benda yang dibutuhkan untuk menekuni hobinya.

Misalnya, jika pasangan hobi melukis maka bisa diberikan mahar berupa set perlengkapan melukis. Mahar berupa perlengkapan hobi ini menjadi bentuk perhatian terhadap hal yang disukai oleh pasangan. Tentunya pasangan juga akan merasa bahagia jika bisa melakukan hobi memakai perlengkapan dari kekasih hati.

5. Hasil Karya Pribadi

Mahar pernikahan memang seharusnya dibuat berkesan dan sulit dilupakan. Cobalah memberikan mahar berupa hasil karya pribadi. Misalnya, lukisan karya sendiri bisa diberikan sebagai mahar. Benda seperti ini justru akan memberikan kesan yang mendalam bagi mempelai wanita.

Menyerahkan hasil karya sendiri sebagai mahar akan terasa sangat berarti. Jenis mahar ini juga tergolong unik meskipun mungkin hasil karya yang diberikan sederhana dan tidak terbuat dari barang mahal. Bukan harga yang menjadi kekuatan dari mahar jenis ini melainkan ketulusan hati dari yang membuatnya.

Itulah tadi 5 inspirasi mahar pernikahan kekinian yang penuh kesan. Tentunya harus ada pertimbangan pribadi sebelum memilih jenis mahar. Mahar yang diberikan harus punya makna dan bisa selalu terkenang untuk jangka waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *