Wed. Oct 27th, 2021
List Persiapan Pernikahan di Rumah

Pernikahan merupakan suatu acara yang cukup sakral bagi dua pasangan yang ingin meresmikan hubungannya secara sah. Namun, tidak semua orang bisa merayakan pernikahan dengan mewah di gedung bergengsi. Beberapa orang hanya bisa merayakannya di rumah secara sederhana. Namun jangan berkecil hati, berikut ini adalah list persiapan pernikahan di rumah agar lebih meriah:

1. Persiapkan Budget

Dalam hal pernikahan, urusan budget merupakan hal yang paling penting dimana seseorang perlu biaya untuk mengadakan pernikahan. Biaya yang dikeluarkan untuk pernikahan tidaklah murah bisa mencapai puluhan juta rupiah. Namun, berhubung pernikahan yang dibahas disini akan diadakan di rumah jadi ada kemungkinan biaya-biaya lain bisa berkurang.

Mempersiapkan biaya pernikahan sedini mungkin juga sangat disarankan agar mempunyai dana yang siap untuk menikah. Jangan sampai hanya dengan bermodalkan keinginan untuk menikah tapi tidak memiliki dananya. Tidak jarang seseorang nekat meminjam uang untuk menikah dan justru melupakan pasca menikah sehingga mengalami kesulitan ekonomi.

2. Administrasi

Setelah memikirkan matang-matang dan menyiapkan dananya, kemudian terjadi kesepakatan antara keluarga pasangan, selanjutnya adalah mengurus administrasi. Mengurusi administrasi juga memerlukan waktu dan tidak akan beres dengan cepat, sehingga harus dipersiapkan jauh hari sebelum pernikahan berlangsung.

Pasangan bisa mengurusi administrasi ini ke pihak atau lembaga pemerintahan terkait. Beberapa lembaga tersebut diantaranya KUA bagi pasangan muslim, kemudian Kantor catatan sipil untuk kalangan non muslim. Untuk mengunjungi KUA pasangan harus memiliki surat pengantar dari RT dan RW. Dokumen N1 hingga N4 didapatkan dari kelurahan, dan terakhir adalah surat keterangan belum menikah juga dari kelurahan.

3. Lokasi

Meskipun hanya diadakan di rumah, namun tetap penentuan lokasi harus dipertimbangkan. Perhatikan disebelah mana acara akan digelar, lihat-lihat juga area sekitar rumah. Apabila area rumah terlalu sempit mungkin bisa dipertimbangkan untuk berpindah lokasi yang tidak jauh dengan area rumah.

Jika meminjam area umum seperti lapangan atau yang lainnya, pastikan sudah mendapatkan izin. Dapatkan izin terlebih dahulu dari warga sekitar, RT atau R agar prosesi acara bisa berjalan tanpa gangguan. Jangan sampai mengadakan acara pernikahan yang sampai mengganggu ketertiban umum seperti menutup jalan.

4. Perencanaan Akad

Dari sebuah pernikahan, proses akad merupakan hal yang paling utama. Jika akad belum atau tidak dilakukan, maka pernikahan tersebut belum bisa dikatakan sah. Tentukan terlebih dahulu bagaimana akan dilakukan prosesi akad nantinya. Tentukan siapa yang akan menjadi wali nikah, siapa penghulunya dan tentu saja harus ada saksinya.

Tempat akad juga perlu ditentukan letaknya akan dilaksanakan dimana. Sebagai alternatif, akad bisa dilakukan di masjid, di rumah, atau bisa juga di tempat pernikahan yang sekaligus sebagai tempat resepsi. Mas kawin juga jangan sampai terlewatkan, maskawin juga bisa berbagai macam bentuknya mulai dari harta, benda, hingga hafalan Al-Quran.

5. Perencanaan Resepsi

Terakhir dan yang tentunya paling rumit dalam list persiapan pernikahan di rumah adalah resepsi. Dalam penyelenggaraan resepsi ini terdapat berbagai macam hal yang perlu diperhatikan seperti menentukan daftar tamu, dekorasi tempat, busana pengantin, hingga catering untuk menyajikan hidangan bagi para tamu. Namun kini sudah ada Wedding Organizer yang bisa disewa untuk mempermudah.

Nah itulah beberapa list persiapan pernikahan di rumah yang harus jadi perhatian. Mengadakan pernikahan ini merupakan hal yang tidak mudah, terkadang bisa membuat pengantin stress jika hal yang tidak diinginkan terjadi. Namun, hal tersebut bisa dihindarkan dengan persiapan yang matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *