Wed. Oct 27th, 2021
Menu Makanan Pesta Pernikahan Murah Meriah

Saat diselenggarakannya sebuah acara pernikahan memang identik dengan makanan yang banyak serta berlimpah dan terdiri dari beragam menu. Dengan begitu tidak heran jika modal yang dibutuhkan juga tidak sedikit. Namun bagi kalangan yang memiliki dana terbatas untuk acara pernikahan masih bisa menggunakan menu makanan pesta pernikahan murah meriah sebagai pilihan solusi. 

Mengingat jenis pengeluaran untuk biaya menikah cukup banyak lantaran tidak dilakukan hanya sekali saja. Pasalnya selain acara akad nikah nantinya juga akan dilanjutkan dengan resepsi bersama sejumlah undangan. Salah satu cara untuk menghemat pengeluaran yang bisa dilakukan adalah mengusung konsep sederhana namun tetap romantis. Berikut daftar menu makanan sederhana yang bisa dicoba untuk pesta pernikahan:

1. Soto Ayam 

Pilihan menu makanan pesta pernikahan murah meriah pertama adalah masakan khas Indonesia, Soto Ayam. Kuliner satu ini bisa menjadi salah satu menu menarik saat digelarnya acara pernikahan di samping dana yang dibutuhkan tidak terlalu besar. 

Sejumlah tamu yang datang akan disuguhkan dengan rasa kuah segar dari soto yang bisa memanjakan lidah. Tuan rumah bisa memilih tempat sajian Soto Ayam pada mangkuk berukuran kecil agar porsinya tidak terlalu banyak. Tidak lain supaya para tamu masih memiliki kesempatan untuk mencoba menu hidangan lainnya. 

2. Rujak Buah 

Menu ini juga patut untuk dipertimbangkan menjadi sajian saat pesta pernikahan berlangsung. Terutama jika acara yang digelar bertepatan pada siang hari, dimana umumnya banyak orang membutuhkan sesuatu yang lebih menyegarkan. Nilai lebih dari menu ini ternyata juga tidak memerlukan dana besar untuk membuatnya. 

Perpaduan rasa asam dan juga manis dengan sensasi menyegarkan serta sedikit pedas siap menyapa lidah para tamu undangan. Sajiannya bisa diletakkan pada piring-piring yang memiliki ukuran kecil. Tujuannya adalah supaya para tamu tidak kesulitan ketika menikmati sajian satu ini. 

3. Bakso 

Pilihan menu pesta yang tergolong murah lainnya adalah bakso. Umumnya bakso memang memiliki beberapa macam, seperti bakso Malang, kemudian bakso Solo dan lainnya. Tuan rumah bisa menyajikan sejumlah menu bakso tersebut atau memilih salah satu diantaranya. 

Selain tergolong dalam menu murah meriah ternyata bakso juga banyak digemari. Hal ini dapat dilihat dari sejumlah pesta pernikahan yang memakai menu bakso sebagai hidangan banyak diserbu oleh para tamu. Biasanya bakso akan dilengkapi dengan sambal, kemudian saus, lalu kecap dan bisa ditambahkan pelengkap lain semacam gorengan. 

4. Beragam Jajanan Pasar 

Jika kurang cocok dengan sejumlah sajian menu sebelumnya, maka pemilik acara bisa mempertimbangkan jajanan pasar untuk alternatifnya. Selain dapat dijadikan cara untuk menghemat bahaya catering, menu ini ternyata juga cukup unik. 

Walaupun jajanan pasar tergolong dalam menu murah meriah, namun sajian yang dihadirkan tidak murahan. Tuan rumah bisa mendekor tempat sajian jajanan pasar dengan menarik dan menatanya secara rapi. Dimana para tamu yang hadir nantinya hanya perlu mengambil dan memakannya. 

5. Es Buah 

Menu ini tergolong sering dihidangkan oleh orang yang melangsungkan acara pernikahan. Selain dapat memberi kesegaran bagi yang meminumnya, es buah juga cukup mudah dibuat dan yang paling penting bisa untuk menghemat biaya. Buah yang biasanya dipakai untuk menu ini seperti melon, nanas, semangka dan yang lainnya. 

Itu tadi sekilas pembahasan mengenai 5 macam menu makanan pesta pernikahan murah meriah namun tidak murahan. Menghemat merupakan salah satu bentuk solusi yang dapat dijalankan guna mengatasi keadaan yang membutuhkan dana besar seperti acara pernikahan. Misalnya yang dilakukan terhadap sajian catering dengan menggunakan menu sederhana sebagai alternatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *