Wed. Oct 27th, 2021
Perbedaan Seserahan Lamaran dan Pernikahan

Apa perbedaan seserahan lamaran dan pernikahan? Pertanyaan ini sering kali ditanyakan bagi orang awam. Terlebih, orang-orang yang akan mempersiapkan acara lamaran dan pernikahan. Lamaran dan pernikahan adalah acara yang sakral dan ditujukan untuk mengikat hubungan sepasang kekasih.

Apa Itu Seserahan?

Seserahan adalah suatu adat atau budaya yang yang dilakukan saat acara lamaran dan pernikahan. Meskipun dalam acara lamaran dan pernikahan sama-sama terdapat prosesi seserahan, namun sebetulnya terdapat perbedaan di antara keduanya. Dilihat dari tujuan kedua acara tersebut saja sudah berbeda.

Di mana acara lamaran lebih ditujukan untuk memperkenalkan keluarga besar dari kedua belah pihak pasangan dan untuk mengikat hubungan pasangan ke arah yang lebih serius. Sementara itu, pernikahan adalah acara yang lebih sakral lagi dan juga lebih formal. Maka, barang-barang yang dimasukan dalam seserahan harus dipertimbangkan dengan baik

Apa Saja Perbedaan Seserahan Lamaran dan Pernikahan?

Acara lamaran biasanya dilangsungkan sebelum pernikahan, tetapi juga diiringi seserahan. Berikut perbedaan antara seserahan di acara lamaran dan pernikahan:

1. Seserahan Pernikahan Mengutamakan Mas Kawin

Seserahan pernikahan pada umumnya diberikan oleh mempelai pria dan ditujukan untuk mempelai wanita. Oleh karena itu, mempelai pria biasanya lebih mengutamakan memberikan mas kawin dalam seserahan.

Di sebagian besar adat pernikahan di Indonesia, pemberian mas kawin ini hukumnya wajib. Adapun, mas kawin yang paling sering dipilih untuk seserahan yaitu seperangkat alat sholat, sejumlah uang tunai yang dihias, dan perhiasan untuk mempelai wanita.

2. Seserahan Pernikahan Berisi Barang Khusus untuk Pengantin

Perbedaan seserahan lamaran dan pernikahan yang berikutnya yaitu isi barang dalam seserahan tersebut. Seserahan pernikahan pada umumnya lebih mengutamakan barang yang dikhususkan untuk pengantin. Meskipun seserahan diberikan kepada mempelai wanita, tetapi tak jarang ada pihak mempelai pria yang memasukan barang-barang untuk keperluan rumah tangga.

Misalnya seperti sprei, handuk, pakaian dan lain sebagainya. Barang-barang tersebut nantinya bisa digunakan berdua di kehidupan rumah tangga.

3. Seserahan Lamaran Bisa Ditujukan untuk Keluarga Mempelai Wanita

Berbeda dengan seserahan pernikahan yang mengutamakan pemberian barang untuk pengantin, seserahan di acara lamaran bisa ditujukan untuk keluarga mempelai wanita. Sebab, tujuan dari acara lamaran adalah untuk perkenalan dan menjalin hubungan lebih dekat antara keluarga dari kedua belah pihak. Barang-barang umum yang bisa ditujukan untuk keluarga mempelai wanita yaitu makanan, parfum, dan lain sebagainya.

4. Jenis Makanan yang Ada di Seserahan

Baik seserahan untuk acara lamaran maupun seserahan pernikahan biasanya terdapat makanan. Namun, jenis makanan yang ada di seserahan lamaran dan pernikahan tentunya berbeda. Makanan yang ada dalam seserahan lamaran pada umumnya adalah makanan-makanan tradisional seperti lemper, kue bolu, dan kue-kue basah.

Sementara itu, dalam seserahan pernikahan jarang terdapat makanan. Biasanya, pengantin yang memasukan makanan dalam seserahan adalah makanan yang memiliki makna dan kenangan selama menjalin hubungan.

5. Jenis Buah-buahan yang Ada di Seserahan

Buah-buahan lebih sering dijumpai pada seserahan lamaran. Buah-buahan ini bisa ditujukan untuk keluarga besar mempelai wanita. Adapun, jenis buah yang biasa dimasukan dalam seserahan yaitu anggur, apel, dan jeruk. Pada seserahan pernikahan juga terkadang terdapat buah. Namun, seserahan buah biasanya hanya untuk pelengkap saja supaya tampilan seserahan terlihat lebih menarik.

Demikian informasi mengenai perbedaan seserahan lamaran dan pernikahan. Sebaiknya pertimbangkan barang-barang untuk seserahan dengan baik. Jangan sampai barang yang dipilih tidak disukai oleh mempelai wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *