Wed. Oct 27th, 2021
Perlengkapan Hantaran Pernikahan

Ketika melangsungkan pernikahan, pihak pria pastinya membawa benda-benda yang biasa disebut hantaran pernikahan. Nantinya, hantaran pernikahan ini akan diserahkan kepada pihak mempelai wanita. Jika dirinci satu per satu, perlengkapan hantaran pernikahan untuk mempelai wanita tergolong banyak jenisnya.

Barang-barang yang akan dijelaskan di bawah ini tergolong yang paling umum diserahkan. Hantaran pernikahan ini juga bisa dipilih mempelai wanita sesuai keinginannya. Namun, yang membeli dan menyediakan juga masih mempelai pria. Berikut adalah beberapa barang yang biasanya termasuk dalam hantaran:

1. Seperangkat Alat Salat dan Al-Quran

Seperangkat benda ini biasanya selalu ada untuk pernikahan pasangan muslim. Ini digolongkan sebagai simbol dalam penyempurnaan agama para mempelai. Alat salat dan Al-Quran yang dibawa biasanya dimasukkan dalam satu kotan. Kemudian dihias sedemikian rupa hingga terlihat cantik.

2. Satu Set Pakaian

Penyerahan satu set pakaian biasanya disimbolkan untuk menjaga rahasia dalam berumah tangga. Set pakaian yang diserahkan umumnya akan dipilih sendiri oleh pihak wanita agar sesuai dengan kebutuhan. Jenisnya juga bermacam-macam, tapi kebanyakan diberikan secara lengkap untuk mempelai wanita.

Ada yang memberikan pakaian tidur, pakaian untuk kerja, pakaian dalam, dan beberapa jenis lainnya. Penyerahan ini tidak harus lengkap untuk semua jenis. Terkadang hanya memberikan pakaian yang bagus dengan pakaian dalamnya juga. Meski demikian, sudah tergolong dalam satu set pakaian untuk seserahan.

3. Set Cincin Pernikahan

Cincin pernikahan juga masuk dalam seserahan untuk mempelai wanita. Poin yang terkandung di dalamnya adalah agar pernikahan bisa terjalin dengan erat sampai kapan pun. Biasanya, cincin yang dibawa merupakan pilihan dua mempelai dan dibungkus rapi dalam satu tempat. Tidak lupa, hiasan juga diperlukan untuk memperindah.

4. Satu Set Perhiasan

Berbeda dengan set cincin tadi, perhiasan yang lebih lengkap juga termasuk dalam perlengkapan hantaran pernikahan yang harus dibawa. Biasanya, dalam satu set perhiasan ada kalung, gelang, anting, dan beberapa perhiasan lainnya. Maknanya adalah agar mempelai wanita bisa terus bersinar setiap waktu.

5. Perlengkapan Make Up

Benda lainnya yang dimasukkan salam seserahan adalah make up atau skincare. Untuk hal ini, mempelai pria pasti menyesuaikan dengan yang digunakan mempelai wanita. Satu set biasanya sudah lengkap. Terdiri dari pembersih wajah, bedak, hingga produk lain. Semuanya dimasukkan dalam satu tempat yang cantik.

6. Tas dan Sepatu

Tas serta sepatu juga masuk dalam jajaran barang untuk seserahan. Biasanya, dua benda ini dipilih yang memiliki warna senada dan disesuaikan dengan selera mempelai wanita. Pemilihannya juga harus yang baik dengan kualitas yang terjamin. Karena jika kurang berkualitas akan sayang jika mudah rusak atau tidak dipakai sama sekali.

7. Berbagai Makanan

Jika hanya menyerahkan semua barang di atas, tentu akan kurang lengkap. Biasanya, seserahan juga dilengkapi dengan berbagai golongan makanan yang menarik dan memiliki rasa yang enak. Makanan yang bisa diserahkan juga bermacam-macam. Bisa makanan tradisional di masing-masing daerah, bisa juga makanan kekinian seperti kue tart.

Semua kue atau makanan tradisional yang diserahkan juga dimasukkan dalam satu kotak yang bersih dan rapi. Semakin baik kemasannya, maka kesan yang diberikan juga semakin baik. Namun. Rasa makanan juga masih menjadi yang pertama. Karena akan diberikan pada pihak wanita, maka segala sesuatunya harus dipikirkan.

Semua barang yang sudah dijelaskan di atas adalah barang yang diperlukan untuk seserahan. Memang benar jika perlengkapan hantaran pernikahan sangat banyak jenisnya. Penyediaannya juga disesuaikan dengan kemampuan beli. Namun kualitasnya tetap harus diperhatikan agar tida mengecewakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *