Wed. Oct 27th, 2021
Pernikahan Sederhana Tanpa Resepsi

Sebagian besar pengantin tentu memimpikan resepsi pernikahan mewah. Dilakukan sebagai suatu jerih payah atau pagelaran sekali dalam seumur hidup menjadi alasan yang sering dilontarkan. Alasan lain yang sering terjadi adalah gengsi atau suatu keharusan karena memiliki banyak kerabat. Padahal mengadakan acara pernikahan sederhana tanpa resepsi juga bukan suatu masalah besar. 

Bahkan uang untuk melakukan acara resepsi ini bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain nantinya. Nah, lalu apa saja sih sebenarnya keuntungan mengadakan acara pernikahan tanpa adanya resepsi? Simak ulasannya berikut ini: 

1. Untuk Menabung 

Keuntungan pertama yang sangat menguntungkan tentunya adalah untuk tabungan di masa depan. Uang yang seharusnya digunakan untuk membuat acara pernikahan yang mewah dengan resepsi impian ini bisa ditabung terlebih dahulu. Bahkan nantinya uang ini bisa digunakan untuk keperluan lain saat sudah berumah tangga. 

Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan dan sangat bermanfaat untuk masa depan. Apalagi dalam keadaan yang memang sedang sulit seperti pandemi sekarang ini. Tentunya memilih untuk menabung untuk keperluan lain akan sangat perlu dilakukan. 

2. Biaya untuk Tambahan Beli Rumah atau Perabotan 

Hal lain yang bisa dilakukan bila mengadakan acara pernikahan sederhana tanpa resepsi adalah mengalokasikan dana untuk hal lain. Alokasi dana ini bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan dalam rumah tangga. 

Misalnya saja adalah untuk membeli peralatan rumah tangga. Bahkan pengantin juga bisa menggunakan dana sebagai tambahan dalam membeli rumah untuk ditinggali. Tentunya perencanaan ini akan lebih dibutuhkan dalam rumah tangga nantinya. 

3. Sebagai Dana Darurat 

Mempersiapkan dana darurat yang tidak pernah tahu akan digunakan juga perlu dilakukan. Nah, pengalokasian dana resepsi pernikahan untuk disimpan sebagai dana darurat juga akan menjadi solusi cerdas di masa pandemi seperti sekarang.

Tentunya sebagai pengantin baru akan banyak hal baru yang perlu dilakukan nantinya. Melalui dana darurat ini paling tidak suami istri akan memiliki back up yang bisa digunakan bila ada sesuatu yang mendesak. 

4. Sebagai Persiapan Kelahiran 

Memikirkan segala kemungkinan yang bisa saja terjadi memang penting dilakukan apalagi untuk pengantin baru. Salah satunya adalah mempersiapkan biaya untuk kelahiran anak. Tentu akan sangat bijak bila suami istri bisa menyisihkan dana yang seharusnya digunakan untuk resepsi sebagai persiapan untuk melahirkan nantinya. 

Dana ini fungsinya akan hampir mirip seperti dana darurat karena tentu tidak tahu kapan Tuhan akan menitipkan anak pada kedua pengantin namun, tentunya hal ini perlu dipersiapkan. 

5. Terasa Lebih Intimate 

Memilih untuk mengadakan acara pernikahan sederhana tanpa resepsi juga akan memberikan kesan yang lebih intim antar keluarga serta kerabat dekat. Tentunya acara pernikahan juga akan terasa lebih hangat. 

Prosesi pernikahan seperti ini sebenarnya juga telah banyak dilakukan dari beberapa tahun terakhir ini. Tentunya hal ini dilakukan untuk membuat acara terasa lebih sakral serta memori yang lebih berkesan. 

6. Meminimalisir Biaya 

Hal terakhir yang sangat menguntungkan dari keputusan seperti ini tentu saja adalah meminimalisir biaya pernikahan. Biaya pernikahan yang kebanyakan akan memakan dana yang besar bisa dihilangkan dengan konsep pernikahan seperti ini. Nantinya dana tersebut pun bisa digunakan untuk keperluan lain saat sudah berumah tangga. 

Nah, itulah tadi keuntungan mengadakan acara pernikahan sederhana tanpa resepsi di era modern seperti sekarang ini. Konsep seperti ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi kehidupan berumah tangga pengantin baru tentunya. Apalagi bila melihat biaya pernikahan yang semakin tahun semakin bertambah tinggi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *