Wed. Oct 27th, 2021
Snack Hantaran Pernikahan

Snack hantaran pernikahan menjadi salah satu poin yang sangat perlu dipertimbangkan saat mengadakan pernikahan. Terkadang beberapa diantaranya akan memilih jajanan tradisional sebagai hantaran. Ada pula yang harus disesuaikan dengan adat istiadat suatu daerah seperti roti buaya di Betawi. Nah, lalu apa saja snack yang cocok untuk hantaran pernikahan? Simak ulasannya berikut ini: 

1. Jenang 

Rekomendasi pertama untuk snack hantaran pernikahan adalah jenang. Biasanya jajanan satu ini akan menjadi salah satu yang harus ada dalam hantaran pernikahan adat Jawa. Cita rasa dari jajanan ini sendiri biasanya didominasi dengan rasa manis yang legit dengan potongan kecil persegi panjang. Terkadang ada pula yang dibentuk khusus supaya tampak lebih cantik. 

Alasan keharusan adanya jenis jajanan ini pada pernikahan adat Jawa sendiri sebenarnya memiliki satu filosofi yang baik. Jenang ini diibaratkan sebagai ketangguhan pengantin dalam menjalani kehidupan dalam rumah tangga. Hal ini digambarkan melalui cara pembuatan jenang yang membutuhkan kesabaran dan gotong royong. 

2. Lemper 

Jenis snack hantaran pernikahan selanjutnya adalah lemper. Jajanan yang terbuat dari ketan dengan isian abon atau suwiran ayam ini memiliki rasa gurih yang nikmat. Biasanya jajanan ini akan dibungkus dengan daun pisang mengikuti potongan dari adonan lemper. Teksturnya yang agak lengket diharapkan menjadi doa bagi rumah tangga pengantin supaya bisa terus bersama-sama. 

3. Kue Bolu 

Kue bolu juga menjadi salah satu yang sering ditemukan dalam hantaran pernikahan. Biasanya kue ini akan dipotong kecil-kecil berbentuk kotak rapi atau melingkar mengikuti bentuk cetakan kue. Rasa yang manis pada kue ini tentunya akan sangat cocok dijadikan salah satu hantaran pernikahan sebagai gambaran rumah tangga yang manis pula. 

Biasanya kue ini akan diletakkan pada wadah khusus dengan hiasan yang membuat tampilan tampak lebih cantik. Bahkan kini juga banyak inovasi tatanan kue bolu supaya terlihat lebih cantik saat digunakan sebagai hantaran pernikahan. 

4. Wajik 

Wajik menjadi rekomendasi selanjutnya yang bisa dijadikan referensi calon pengantin untuk hantaran pernikahan. Kue tradisional yang terbuat dari ketan ini memiliki rasa yang manis. Warna coklat serta hijau adalah warna khas dari kue ini. Proses pembuatan wajik ini juga membutuhkan waktu yang lumayan lama, sehingga perlu kesabaran dalam membuatnya. 

Hal ini pulalah yang dijadikan filosofi pada wajik ini setiap kali digunakan sebagai hantaran pernikahan. Kue ini diharapkan menjadi perlambangan hubungan suami istri yang selalu sabar dalam menghadapi rintangan dalam rumah tangga. 

5. Kue dalam Parcel 

Parcel juga seringkali menjadi pilihan para calon pengantin dalam menghadirkan hidangan berupa snack untuk hantaran. Biasanya alasan supaya tidak ribet menjadi salah satu faktornya. Apalagi biasanya parcel juga akan menyediakan beberapa jenis jajanan yang berbeda pada setiap kemasannya.

Kue keju, kue coklat atau bahkan mungkin beberapa jajanan tradisional adalah isian yang dapat ditemukan dalam hantaran pernikahan. Kemasan pada parcel ini seringkali menjadi pilihan juga karena pengemasannya yang tampak lebih modern.

Nah, itulah tadi rekomendasi snack hantaran pernikahan bagi calon pengantin yang akan segera melangsungkan pernikahan. Tentunya dengan pertimbangan yang matang antara kedua belah pihak akan menjadi pilihan tepat untuk menentukan hantaran mana yang akan dipilih. Apalagi bila ternyata tema pernikahan yang diusung adalah tema adat istiadat suatu daerah yang harus dilakukan sesuai dengan aturan adat yang berlaku.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *