Wed. Oct 27th, 2021
Susunan Acara Resepsi Pernikahan

Rangkaian acara resepsi suatu pernikahan sebenarnya beragam, tergantung dari konsep dan tema yang diambil. Namun, secara sederhana ada susunan acara resepsi pernikahan yang banyak dijadikan rujukan saat resepsi.

Biasanya, resepsi pun juga disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan yang ada. Belum lagi dengan penyesuaian dengan adat istiadat calon pengantin. Wajar, jika acara resepsi tidak punya pakem khusus. Meski begitu, umumnya susunan acara mencakup beberapa hal. Lantas, bagaimana susunannya? Berikut ulasannya:

1. Pembukaan

Resepsi biasanya digelar setelah acara akad berlangsung. Selang waktunya kurang lebih dua sampai tiga jam. Namun, ada juga calon pengantin yang menggelar resepsi di kemudian harinya atau jauh setelah akad berlangsung.

Acara resepsi juga dipandu oleh seorang MC yang menyampaikan rangkaian acaranya. Untuk susunan acara yang pertama, selalu diawali dengan pembukaan. MC lah yang memandu pembukaan. Isinya berupa ucapan-ucapan terimakasih ataupun ucapan syukur atas terselenggaranya acara tersebut.

Biasanya, dalam pembukaan ada pula sambutan dari beberapa pihak yang memang dirasa  penting untuk pernikahan tersebut. Kemudian, dilanjutkan dengan doa serta pernyataan bahwa resepsi telah dibuka.

2. Kirab Pengantinnya

Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan kirab pengantin. Kirab pengantin dipandu oleh MC atau pembawa acara beserta orang yang mengerti tentang rangkaian kirabnya. Pengantin ada sesi ini akan dipandu untuk memasuki ruangan dan menuju pelaminan.

Tak hanya itu, di belakang pengantin juga diikuti oleh orang tua kedua pengantin. Kemudian, diikuti juga oleh sanak saudara ataupun teman dari kedua pengantin. Intinya, di sesi ini pengantin diperkenalkan pada para undangan dan mulai duduk di kursi pelaminannya.

3. Ucapan Selamat untuk Pengantin

Kirab pengantin yang dijelaskan sebelumnya, juga diikuti dengan sejumlah prosesi adat yang berlangsung. Tak kalah penting juga pada susunan acara resepsi pernikahan yaitu sesi ucapan selamat untuk pengantin.

Sesi acara ini diberikan oleh para tamu undangan. Tamu undangan akan bersalaman dengan pengantin yang ada di pelaminan secara berganti. Selain itu, tamu undangan juga dipersilahkan untuk mengucapkan selamat pada pengantin. Tak jarang diantaranya, juga sekaligus mengajak berfoto dengan pengantin. 

4. Menyantap Hidangannya

Acara berikutnya di resepsi adalah menyantap Hidangan yang telah disajikan untuk para tamu. Para tamu akan dipersilahkan untuk menikmati banyak makanan dan minuman yang telah disiapkan di resepsi.

Untuk caranya pun bermacam-macam, mulai dari dilayani ataupun mengambil sendiri (prasmanan). Namun, rata-rata di acara resepsi akan lebih banyak menggunakan prasmanan sebagai cara menyantap hidangan yang telah disajikan.

5. Hiburan

Selanjutnya, acara hiburan. Acara hiburan ini juga berlangsung bersamaan dengan sesi menyantap makanan dan berlangsung setelahnya juga. Hal ini dimaksudkan agar para tamu bisa menikmati makanan sekaligus menikmati hiburan yang disajikan.

Ada beragam jenis hiburan yang biasanya diberikan pada resepsi. Seperti halnya dengan penyanyi beserta bandnya, tari-tarian ataupun performance menarik lainnya. Tak jarang, beberapa tamu undangan juga turut menyumbangkan bakatnya di panggung yang ada. Selain itu, ada pula pengantin sendiri yang bakal menghibur tamu undangan, misalnya dengan menyanyikan sebuah lagu.

6. Foto Bersama

Sesi acara di resepsi pernikahan yang tak kalah penting adalah foto bersama. Meski banyak tamu undangan yang telah melakukan sesi foto saat memberikan selamat pada pengantin, namun sesi ini biasanya juga diadakan lagi.

Para tamu undangan yang merupakan kerabat dekat ataupun teman-teman pengantin akan berfoto bersama dengan pengantin. Ada pula fotografer yang telah disiapkan, khusus untuk mengabadikan momen ini.

7. Penutup

Terakhir yakni penutup. Penutup  juga masih dipandu oleh MC atau pembawa acara. Dalam sesi penutup ini akan disampaikan ucapan-ucapan terimakasih atas kehadiran tamu-tamu yang diundang yang menyempatkan waktunya untuk hadir.

Tak lupa, terimakasih juga diucapkan pada pihak-pihak yang membantu berlangsungnya acara. Pemandu acara juga akan memberikan ucaapan selamat sekali lagi kepada pengantin yang resmi sebagai sepasang suami istri.

Ulasan di atas merupakan susunan acara resepsi pernikahan yang umumnya diadakan. Meski begitu, susunan acara tersebut bisa disesuaikan dengan kondisi, situasi dan adat istiadat daerah tersebut. Tentu saja, disesuaikan pula dengan konsep dan tema yang diusung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *