Wed. Oct 27th, 2021
Susunan Acara Wedding Organizer

Seiring dengan berjalannya waktu, tidak sedikit orang yang memutuskan untuk memanfaatkan jasa wedding organizer atau WO untuk merencanakan pernikahan masing-masing. Ditambah lagi, jenis layanan yang ditawarkan oleh WO termasuk ke dalam kategori yang bervariasi seperti perihal susunan acara wedding organizer. Ditambah lagi, susunan tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki.

Pada umumnya, setiap wedding organizer memiliki aturannya masing-masing yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan ataupun selera yang dimiliki oleh calon pengantin. Misalnya, setiap calon pengantin dapat melakukan proses penyesuaian dengan adat ataupun agama yang dijadikan sebagai dasar pada acara pernikahan masing-masing. Jika ingin tahu secara detail, maka simak uraian berikut ini:

1. Pernikahan Islam

Untuk susunan acara pernikahan yang pertama ini, karakteristik terletak pada pembacaan ayat Al Quran yang dilakukan tepat setelah acara pembukaan. Kemudian ada juga acara yang dikhususkan untuk ijab kabul yang memang sejak awal dikhususkan untuk acara pernikahan dalam agama Islam. Selain itu, ada pula acara penutup yang dilengkapi dengan doa.

2. Pernikahan Jawa

Kemudian ada acara pernikahan yang didasarkan pada adat dari suku Jawa yang dapat pula dirancang secara detail melalui bantuan WO. Karakteristik yang dimiliki oleh jenis acara pernikahan pada adat suku Jawa ini terletak pada upacara panggih ataupun acara pemotongan tumpeng. Selain itu, ada pula acara sungkeman yang jangan sampai dilewatkan.

3. Pernikahan Kristen

Jika memiliki rencana untuk memulai pernikahan yang didasarkan pada agama Kristen, maka terdapat susunan acara wedding organizer yang dapat disesuaikan. Pada umumnya, acara ini diselenggarakan di tempat khusus seperti gereja dengan acara penyatuan kedua mempelai pengantin oleh seorang pendeta yang dipilih. Selain itu, ada pula acara menari dan foto bersama pengantin.

4. Pernikahan Batak

Sementara di sisi lain, ada acara pernikahan yang berdasarkan pada suku Batak seperti Batak Toba yang dapat pula dirancang bersama. Walaupun begitu, setiap WO perlu menyesuaikan sejak awal acara apa saja yang dilakukan sebelum acara penyatuan kedua pengantin seperti mangarisika. Selain itu, ada acara pesta unjuk yang perlu disiapkan matang.

5. Pernikahan Hindu

Selanjutnya acara pernikahan yang seringkali dikaitkan dengan adat Bali terutama yang beragama Hindu sehingga susunan acara wedding organizer perlu disesuaikan. Misalnya ada upacara khusus yang dinamakan dengan nama Upacara Ngekeb yang perlu disiapkan secara matang terutama untuk keperluan mempelai wanita. Kemudian ada acara bernama mekala-kalaan yang bertujuan untuk memberikan doa.

6. Pernikahan Sunda

Sedangkan untuk acara pernikahan lainnya yang dapat disusun dan dibantu oleh layanan WO adalah acara pernikahan berdasarkan adat suku Sunda. Pernikahan ini biasanya disesuaikan dengan beberapa acara yang dianggap wajib untuk dilakukan seperti prosesi menginjak telur yang dinamakan nincak endog. Selain itu, ada pula acara yang dinamakan dengan muka panto.

7. Pernikahan Buddha

Terakhir, ada acara pernikahan yang jangan sampai dilewatkan untuk dirancang dan direncanakan dengan bantuan dari layanan wedding organizer sejak awal. Setiap pengantin tetap perlu mengikuti rangkaian acara yang harus dilakukan didasarkan pada agama Buddha seperti acara penyalaan lilin yang krusial. Selain itu, ada acara penting lainnya seperti penyerahan beberapa bunga.

Beberapa contoh susunan acara wedding organizer yang dijelaskan secara detail di atas dapat dimasukkan ke dalam rekomendasi sesuai dengan kondisi. Ada susunan acara yang didasarkan pada adat dalam beberapa agama yang dianut seperti acara pernikahan Islam, Kristen hingga pada Buddha. Selain itu, ada pula susunan acara berdasarkan pada adat Jawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *