Wed. Oct 27th, 2021
Adat Pernikahan Palembang

Indonesia terdiri dari beragam suku dan budaya sehingga setiap suku memiliki adat yang berbeda dalam penyelenggaraan pernikahannya. Salah satunya adalah adat Palembang yang memiliki adat pernikahan unik. Prosesi adat pernikahan Palembang memiliki ciri khas tersendiri dan proses yang panjang untuk dilalui oleh pengantin. Berikut tahapannya:

1. Madik

Calon pengantin harus melewati prosesi Madik sebagai bagian dari prosesi adat pernikahan Palembang. Tahapan ini biasanya dilakukan oleh calon mempelai pria dengan menanyakan informasi sebanyak mungkin mengenai status calon pengantin wanita.

Prosesi ini seperti berupa penyelidikan mengenai status calon pengantin wanita. Namun, bila diangkat dalam sebuah upacara adat merupakan sebuah acara formal antara dua keluarga pengantin. Saat itu, calon pengantin wanita akan ditanya oleh pihak keluarga calon pengantin pria mengenai status hubungannya.

2. Menyengguk

Nama prosesi ini diambil dari kata sengguk yang berarti adalah musang. Hal tersebut bermakna agar calon pengantin wanita tidak diganggu oleh lelaki lain yang disimbolkan dengan musang. Wanita yang telah melewati proses menyengguk ini tidak boleh mencari lagi calon yang lain karena sudah diikat secara simbolis.

Pengukuhan hubungan ke arah yang lebih serius dengan melewati proses menyengguk ini ditandai dengan utusan yang dikirim oleh calon pengantin pria, sambil membawa tenong. Tenong tersebut berisi bahan makanan. Wanita yang menerima tenong tersebut secara simbolik berarti mengiyakan untuk dinikahi oleh pria yang dimaksud.

3. Berasan

Prosesi selanjutnya sebagai bagian dari prosesi adat pernikahan Palembang adalah berasan, yaitu pertemuan keluarga mempelai wanita dan keluarga mempelai pria untuk merencanakan tanggal pernikahan. Termasuk dalam hal ini, membuat kesepakatan mengenai besaran mahar serta upacara adat yang akan dilaksanakan.

Pernikahan dari Palembang ini memiliki beberapa adat, yaitu adat berangkat duo tebas atau mudo atau buntel kantut, berangkat tigo turun, serta berangkat duo penyeneng. Setiap adat memiliki persyaratan yang berbeda yang harus dilakukan.

Adat Palembang ini mengharuskan calon pengantin pria lebih banyak mengeluarkan biaya pernikahan. Setiap adat yang berlaku di Palembang memiliki penetapan berbeda mengenai barang yang harus dibawa dalam pernikahannya. Itulah sebabnya harus diadakan kesepakatan terlebih dahulu antara dua keluarga.

4. Persiapan Jelang Pernikahan

Keluarga kedua mempelai yang telah membuat kesepakatan mengenai pernikahan akan dilanjutkan ke prosesi selanjutnya yang tidak kalah pentingnya, yaitu persiapan jelang pernikahan. Persiapan ini meliputi perawatan tubuh calon pengantin wanita berupa mandi uap agar cantik bersinar di hari pernikahannya.

.Namun, sebelum hal tersebut dilakukan terdapat prosesi untuk melamar calon pengantin wanita. Prosesi ini disebut sebagai nganterke belanjo, di mana calon pengantin pria akan memberikan sejumlah uang belanja yang disimpan pada wadah khusus dengan dilengkapi nampan lainnya yang berisi dua belas hantaran.

5. Akad Nikah

Inti dari acara pernikahan adalah akad nikah. Saat akad nikah berlangsung, calon pengantin pria mengucapkan janji pernikahannya. Khusus untuk agama Islam, terdapat pengucapan kalimat pernikahan antara wali mempelai wanita dengan pengantin pria, yang disebut dengan ijab Qobul.

Sebagai bagian dari adat pernikahan Palembang, bila akad nikah dilakukan sebelum resepsi maka, calon pengantin wanita harus mengadakan prosesi nganterke keris. Prosesi nganterke keris ini harus dilakukan sebelum pelaksanaan akad nikah, yaitu dengan cara calon mempelai wanita mengirimkan utusannya ke rumah calon mempelai pria.

Informasi mengenai tahapan prosesi adat pernikahan Palembang ini harus diketahui oleh seseorang yang berencana menikah dengan orang Palembang. Dalam pernikahan adat di Indonesia merupakan salah satu kewajiban untuk menjalankan prosesi ritual pernikahan dan tidak boleh melanggarnya karena ada banyak mitos yang terjadi di baliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *