Wed. Oct 27th, 2021
Tarif MUA Pemula

Kira-kira, berapa tarif MUA pemula? Bagi yang berniat terjun ke dunia bisnis MUA mungkin akan kesulitan menentukan tarif di awal berbisnis. Meskipun jasa MUA terkadang sering disepelekan tetapi, hasil jerih payah merias wajah harus tetap dibayar

Memiliki keahlian merias wajah kini bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan. Lalu, bagaimana cara menentukan tarif MUA bagi pemula? Ikuti cara berikut ini:

1. Tentukan Spesialisasi Riasan

Sebelum mematok tarif seorang MUA pemula harus menentukan gaya atau spesialisasi riasan. Spesialisasi ini nantinya akan lebih memudahkan dalam mempersiapkan modal dan juga menentukan target customer. Secara garis besar ada dua spesialisasi riasan yaitu riasan tradisional untuk keperluan acara adat atau riasan internasional.

Pikirkanlah secara matang jenis riasan yang dianggap paling mudah. Keduanya pasti memiliki kesulitan dan tantangannya masing-masing tetapi sebenarnya hal ini bisa diatasi dengan terus belajar dan berlatih.

2. Tentukan Target Customer

Selain menentukan target riasan, penting juga untuk menentukan target customer. Tentukanlah apakah customer dari kalangan kelas ekonomi atas atau kelas ekonomi menengah ke bawah yang ditargetkan. Kedua kelompok customer ini tentunya memiliki karakteristik yang berbeda.

Customer menengah ke atas berani bayar dengan tarif mahal asalkan kualitas dan hasil riasannya bagus. Sementara itu, customer yang berasal dari kelas menengah ke bawah lebih mengutamakan tarif yang murah.

3. Survey Tarif

Setelah menentukan spesialisasi riasan maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan survei terkait tarif riasan. Cobalah cari referensi sebanyak mungkin mulai dari orang-orang yang juga menyediakan jasa MUA hingga browsing di internet.

Survei tarif adalah hal yang umum dilakukan ketika ingin memulai bisnis di bidang apapun. Sebagai penyedia jasa MUA yang dapat menarik customer maka harga yang ditawarkan harus kompetitif dari MUA lainnya. Tarif yang ditentukan bisa meniru tarif MUA lainnya atau menetapkan tarif lebih murah agar bisa bersaing.

4. Hitung Modal yang Dibutuhkan

Cara menentukan tarif MUA pemula yang berikutnya yaitu menghitung berapa modal yang dibutuhkan. Sudah menjadi rahasia umum dalam berbisnis bahwa hal yang paling penting dalam menentukan tarif yaitu dengan menghitung modal yang perlu dipersiapkan. Jangan sampai tarif yang yang ditetapkan tidak bisa menutup modal yang sudah disiapkan.

Jika total biaya untuk modal lebih besar daripada tarif MUA di pasaran, ada 2 strategi yang bisa dilakukan. Pertama, menentukan tarif lebih tinggi dari pasaran tetapi menghasilkan kualitas riasan yang lebih baik.

Kedua, menentukan tarif yang lebih kompetitif ya itu lebih murah atau sama persis seperti tarif MUA pada umumnya. Namun, dengan mengganti beberapa item dalam modal dengan harga yang lebih murah.

5. Hitung Biaya Operasional

Selain menghitung biaya modal ada satu lagi dia yang perlu diperhitungkan yaitu biaya operasional. Berbeda dengan biaya modal, biaya operasional harus disiapkan dan dikeluarkan secara berkala. Biaya operasional juga merupakan barang-barang yang akan habis sehingga harus diganti dengan yang baru.

Misalnya seperti pembersih riasan, kapas, tisu, hair spray dan lain-lain. Biaya operasional lainnya yang perlu dihitung yaitu ongkos untuk menuju ke tempat customer yang wajahnya akan dirias. Nah, biaya ongkos ini wajib dimasukan ke dalam tarif.

Itulah 5 cara menentukan tarif MUA pemula. Dalam memulai bisnis, menentukan tarif adalah hal yang paling penting. Jadi, pastikan tarif yang dipasang memang sudah sesuai dengan target customer ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *