Wed. Oct 27th, 2021
Tes Kesehatan Pra Nikah

Tes kesehatan pra nikah menjadi salah satu syarat yang harus dilakukan calon pengantin sebelum melakukan ijab qabul. Hal ini sebagai bentuk pengetahuan calon pengantin tentang kesehatan yang dimiliki pasangan masing-masing. Tentunya tes ini juga menjadi salah satu hal yang penting untuk mengantisipasi bila ternyata salah satu calon pengantin memiliki penyakit bawaan. Nah, lalu apa saja sih tes pra nikah itu? Simak ulasan berikut ini: 

1. Tes Urine 

Tes pertama yang masuk dalam tes pra nikah tentu saja adalah tes urine. Hal ini dilakukan untuk mengetahui penyakit yang bisa saja ada pada salah satu calon pengantin. Biasanya tes ini juga dilakukan supaya calon pengantin juga mengetahui bila mungkin saja ada penyakit pada saluran pencernaan.

Penyakit pada ginjal maupun penyakit pada saluran kemih adalah salah satu yang bisa dideteksi melalui tes ini. Tentunya dua jenis penyakit ini sangat penting untuk diketahui sejak dini sebelum pernikahan dilakukan.

2. Tes pada Golongan Darah 

Calon pengantin juga diharuskan untuk melakukan tes golongan darah pada saat pra nikah. Hal ini sangat penting dilakukan karena selain untuk mengetahui golongan darah calon pengantin, tes ini juga untuk mengetahui rhesus pada setiap pengantin. Memahami tentang jenis rhesus darah ini akan penting diketahui setiap calon pengantin. Jenis PH pada rhesus ini nantinya akan menjadi pendeteksi kecocokan serta keamanan pada saat ibu mengandung. 

3. TORCH 

TORCH menjadi jenis penyakit yang sangat penting untuk dideteksi sebelum menikah. Penyakit yang bersumber dari Rubella, Toxo maupun Herpes ini adalah jenis penyakit berbahaya apalagi untuk ibu hamil.

Nah, untuk itu calon pengantin sangat perlu mendeteksi penyakit ini sebelum menikah. Jenis penyakit ini jugalah yang menjadi salah satu penyebab ibu hamil mengalami keguguran. Bahkan beberapa kasus bayi prematur juga disebabkan oleh penyakit ini. 

4. Tes Hepatitis B 

Hepatitis B menjadi tes kesehatan pra nikah yang penting dilakukan. Calon pengantin sangat perlu mengetahui adanya deteksi penyakit ini sebelum menikah. Hal ini dilakukan sebagai bentuk untuk meminimalisir terjadinya keguguran serta cacat yang terjadi pada anak. 

Tentunya bukan rahasia umum bila penyakit ini sangat berbahaya. Nah, untuk itu tes ini sangat disarankan. Biasanya penularan penyakit ini bisa terjadi pada hubungan seksual dengan proses penularan yang cepat. 

5. Tes Gula Darah 

Melakukan tes gula darah juga telah menjadi salah satu ketentuan yang harus dilakukan calon pengantin. Tes ini dilakukan untuk mendeteksi adanya kadar dari gula darah calon pengantin. Tentunya tes ini juga sangat berguna untuk mendeteksi dini penyakit diabetes yang seringkali menyebabkan terjadinya komplikasi. 

Nah, untuk itu tes ini sangat penting dilakukan sebagai bentuk antisipasi. Tentunya dengan adanya deteksi dini, nantinya calon pengantin juga bisa dengan cepat mencari solusi untuk melakukan pengobatan. 

6. Tes HIV/ AIDS 

Tes HIV juga AIDS  juga menjadi salah satu ketentuan yang harus dilakukan oleh calon pengantin. Penyakit yang bisa menular ini tentunya sangat penting diketahui sebelum menikah supaya bisa dilakukan penanganan lebih lanjut. Apalagi jenis penyakit ini bisa saja diturunkan seorang ibu kepada anak nantinya. 

Itulah tadi 6 tes kesehatan pra nikah yang wajib dilakukan oleh calon pengantin baik pria maupun wanita. Keenam tes tersebut merupakan sebagian dari beberapa tes lain yang haru dilakukan sebelum melakukan pernikahan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *